-->

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Terbaru 2024


Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Terbaru, Apabila kamu mendengar perkataan tentang ujian Psycho dan kebanyakan kamu akan mulai berpikir sejenak dan membayangkan ujian psikologi yang begitu tegangnya sehingga memungkinkan diri untuk menyiapkan mental yang kuat. Ujian psikologi ini adalah ujian untuk mengukur aspek psikologi seseorang. Ujian psikologi yang dijalankan dalam beberapa kategori, seperti ujian psikologi, visual atau penilaian lisan, langkah fungsi kognitif dan emosi. Ujian psikologi boleh dilakukan untuk orang pada masa anak maupun orang dewasa.

Ini akan memudahkan anda untuk bisa apa saja pelajari, dan kami disini memberikan sangat lengkap untuk bisa kamu ketahui tentunya ini akan bisa menjadi pelajaran yang berguna sekali yang saat ini ada mata kuliah Psikotes. Ini juga sering digunakan untuk melamar kerja, dimana semua perusahaan besar selalu menggunakan soal Psikores untuk bisa mengetahui kadar kecerdasan dan juga mental dari sang pelamar kerja. 

Contoh Soal Psikotes Terbaru, Soal yang akan keluar di dalam ujian psikologi biasanya mendapati beberapa contoh soalan psikologi dari soal-soal tahun lalu yang mungkin ada beberapa yang mirip. Di internet kini kamu dapat dengan mudah untuk mencari banyak Contoh Soal Psikotes dari masalah psikologi. Tetapi sebelum kamu benar-benar siap menunggu untuk ujian psikologi, kamu perlu tahu semua tentang psikotes yang memungkinkan kamu untuk dapat menjawab semua pertanyaan.

Seperti yang telah dipaparkan diatas apabila membahas pada soal psikotes memastikan bahwa yang kamu bayangkan adalah psikotes tekanan pada ujian. Psikotes adalah ujian untuk mengukur aspek psikologi individu-individu yang dikelaskan dalam beberapa ujian, seperti ujian psikotes bertulis, visual atau penilaian lisan untuk mengukur fungsi kognitif dan emosi. Ujian psikotes boleh dilakukan untuk kanak-kanak ke alam dewasa.

Sebelum pulang ujian psikotes, biasanya kamu akan mendapati Contoh Soal Psikotes dan Jawaban psikotes yang boleh digunakan untuk menangani masalah psikotes yang akan kamu hadapi. Tetapi sebelum kamu benar-benar ingin ujian psikotes, ada baiknya kamu mengetahui garis besar mengenai psikotes. Untuk kamu yang membutuhkan contoh dari soal psikotes ini.

Para ahli psikologi mengembangkan dan membuat psikotes mempunyai tujuan untuk bisa mengembangkan kepribadian dari seseorang. Hal tersebut juga dikaitkan untuk seseorang yang mencari pekerjaan, , maka diadakanlah test psikotes yang bisa dijadikan salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan sejenisnya. 

Contoh soal psikotes terbaru sangat dibutuhkan seseorang yang akan mengikuti ujian psikotes baik untuk melamar pekerjaan maupun untuk keperluan lainnya seperti melanjutkan pendidikan, beasiswa ke luar negeri dan sebagainya. Ujian psikotes berbeda dengan ujian pada umumnya dimana dalam ujian psikotes terdapat beberapa modul yang berbeda-beda tergantung dari tujuan dilaksanakannya ujian psikotes tersebut.

Rahasia Sukses Mengerjakan Soal Psikotes, Dengan kamu mengetahui beberapa kurikulum psikologi akan membantu melatih dan dapat mencari contoh soalan ujian psikologi dan jawapan kepada media dalam rangka untuk membantu kamu mempersiapkan diri kamu dengan baik. Sebelum mengerjakan ujian psikologi yang harus kamu siapkan yaitu keyakinan diri, optimis dan manakala timbul masalah perasaan psikologi janganlah tergesa-gesa untuk mengerjakannya. 

Macam-macam tes psikotes kerja ada 4 yaitu 
  1. Tes IQ, 
  2. Tes Kepribadian,
  3. Tes Kemampuan, 
  4. dan Tes Kreatifitas. 
Untuk itu blog ini  akan memberikan sedikit bocoran dan jawaban kepada kamu semua untuk mengerjakannya. Nah berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes, serta tips dan trik, serta jawabannya terbaru yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.

Untuk bisa mengetahuinya maka anda bisa melihat dibawah ini yang perlu diperhatian dalam menjalani tes untuk bisa menyelesaikan soal psikotes.

1.Contoh Soal Psikotes Tes Wartegg
Dalam tes wartegg ini kamu disuruh untuk menggambar sesuatu dari bentuk diatas. Tips untuk mengerjakannya adalah 
  1. Jangan menggambar sesuai urutan gambar, contoh: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. (kamu akan dipkamung sebagai orang yang kaku atau konservatif)
  2. Gambarlah secara acak, contoh: 3, 1, 4, 2, 7, 5, 8, 6.(kamu akan dipkamung sebagai orang yang bergerak kreatif, dan inovatif)
  3. Jangan menggambar mulai dari nomor 5 jika kamu seorang laki-laki. (ini berpengaruh terhadap orientasi seks kamu)
  4. Cobalah untuk menggambar benda hidup untuk garis lengkung, dan benda mati untuk garis lurus.
Contoh Jawaban Soal Tes Wartegg


2. Contoh Soal Psikotes Tes Menggambar Orang (draw a man test) dan Tes Menggambar Pohon (baum tree test)
Tes ini berjuan bukan menilai aspek estetika dari gambar yang kamu buat, tetapi menilai bagaimana persepsi kamu terhadap sebuah instruksi untuk menggambar orang maupun pohon tersebut.

Tips untuk menggambar pohon dalam tes psikotes adalah pohon yang kamu gambar harus pohon yang berkambium, lebih baik lengkap dengan buah dan akarnya, misalnya pohon durian, mangga, rambutan, nangka, dll.

Tips untuk menggambar orang dalam tes psikotes adalah gambarlah orang yang sedang bekerja atau beraktifitas. Misalnya seorang pemain sepak bola yang sedang berlatih, Pak Guru yang sedang mengajar murid, Pak Tani sedang mencangkul di sawah, dan lain-lain.

Contoh Gambar Pohon 

Contoh Gambar Orang 

3. Contoh Soal Psikotes Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) 
A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain 
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban 
A. Saya adalah pemimpin yang baik 
B. Saya selalu mengerjakan pekerjaan dengan teliti 
A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi 
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki 

Tujuan tes epps (edwadrs personal preference schedule) ini untuk mengukur dan meninjau kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya dalam pekerjaan serta sejauh mana sifat yang kita miliki terhadap kococokan dengan posisi kerja yang kita lamar. Tips untuk mengerjakannya adalah pilihlah salah satu pernyataan sesuai dan ada pada diri kamu jangan keduanya. 

Untuk menjawabnya lingkarilah huruf A atau B, pernyataan yang sesuai atau mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan atau posisi yang kamu duduki setelah kamu lulus psikotes dan diterima kerja nantinya. 

4. Test Kraepelin atauPauli atau Tes Koran 
Test Kraepelin atau Pauli atau Tes Koran atau yang sering disebut "hitungan koran" adalah tes kemampuan dasar menghitung cepat. Tujuan dari tes ini adalah sikap terhadap tekanan, ketahanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian, konsisten, sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan. Tes ini terdiri dari angka 1-9 yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur. 

Cara menjawabnya adalah kamu harus menjumlahkan dua angka yang berdekatan di setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disampingnya dalam waktu tertentu. Jika hasil dari penjumlahan berupa bilangan puluhan atau terdiri dari dua digit angka, maka cukup dengan menuliskan digit terakhir atau angka satuannya saja.

Tips mengerjakannya adalah Usahakan jumlah angka yang kamu dijumlahkan benar dan stabil di masing-masing kolom. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan kamu memaksakan diri di awal tes namun menurun di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri kamu untuk menghemat tenaga dan waktu sembari mendengar setiap perintah. 

5. Contoh Soal Psikotes Tes Logika Penalaran
Pada Tes ini kamu disuruh untuk membuat prediksi dari pola-pola/kecenderungan tertentu dalam wujud gambar seperti tes IQ. Tips untuk mengerjakan tes logika penalaran adalah harus konsetrasi, hati-hati dan teliti. Karena pola-pola yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama. Jika kamu belum bisa mengerjakan salah satu soal segera lompat kesoal berikutnya atau kesoal yang lebih mudah, karena waktu terus berjalan. Usaha untuk mencari contoh-contoh soal yang boleh membantu kamu berurusan dengan kewaspadaan psikologi memkamungkan isu-isu psikologi, sekurang-kurangnya kamu mempunyai ide tentang masalah kesihatan mental.

Baca Juga: Contoh Judul Skripsi Terbaru

6. Contoh Soal Psikotes Matematika
Ada banyak contoh soal psikotes lainnya seperti soal di bidang matematika. Berikut adalah gambar contoh soal psikotes matematikan dan cara mengerjakannya. Soal psikotes di bawah ini tergolong mudah dikerjakan dan umum diketahui banyak orang.

Nomor 1
Untuk menyelesaikan sebuah rumah diperlukan waktu 36 hari dengan 12 orang tukang. Berapa waktu yang dihabiskan jika menggunakan 24 orang tukang?
A. 14 hari
B. 15 hari
C. 16 hari
D. 17 hari
E. 18 hari

Pembahasan
36 hari = 12 tukang
x hari = 24 tukang
36 . 12 = 24 . x
x = 18

Berarti waktu yang diperlukan jika menggunakan 24 tukang ialah 18 hari.
Jawaban: E

Nomor 2
Sebuah pesawat terbang dari kota Banjarmasin ke Jakarta pada pukul 7 pagi dan perjalan ke Jakarta ialah selama 4 jam. Transit di Jogja selama 30 menit. Pada pukul berapa pesawat tersebut tiba di Jakarta?
A. 10.45
B. 11.00
C. 11.15
D. 11.30
E. 11.45

Pembahasan
Lama perjalanan= 4 jam
Transit Jogja = 30 menit
Tiba di Jakarta = 07.00 + 4 jam + 30 menit = 11.30
Jawaban: D

Nomor 3
Perbandingan uang jajan Abay dan uang jajan Fajri adalah 3:2, jika uang Abay dan Fajri berjumlah Rp 150.000, berapakah masing-masing uang Abay dan Fajri?
A. Rp 80.000 dan Rp 60.000
B. Rp 90.000 dan Rp 60.000
C. Rp 90.000 dan Rp 70.000
D. Rp 100.000 dan Rp 80.000
E. Rp 100.000 dan Rp 90.000

Pembahasan
Uang Abay = [ 3 / (3+2) ] x Rp 150.000 = Rp 90.000
uang Fajri = [ 2 / (3+2) ] x Rp 150.000 = Rp 60.000
Jawaban: B

Nomor 4
Yazid memiliki uang Rp 4.500.000 dan ia inign membeli sebuah kamera senilai Rp 2.500.000 sebelum diskon. Diskon kamera tersebut ialah sebesar 20%. Selain itu, Yazid juga membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan lain sebesar Rp 1.500.000. Lalu, berapakah sisa uang Yazid saat ini?
A. Rp 1.000.000
B. Rp 1.100.000
C. Rp 1.200.000
D. Rp 1.300.000
E. Rp 1.500.000

Pembahasan
Diskon harga kamera = Rp 2.500.000 x 20% = Rp 500.000
Harga kamera setelah diskon = Rp 2.500.000 – Rp 500.000 = Rp 2.000.000
Total belanja Yazid = Rp 2.000.000 + Rp 1.500.000 = Rp 3.500.000
Sisa uang Yazid = Rp 4.500.000 – Rp 3.500.000 = Rp 1.000.000
Jawaban: A

Nomor 5
Dina membeli sebuah boneka seharga Rp 50.000, kemudian ia jual lagi dengan harga Rp 80.000. Berapa persenkah keuntungan Dina?
A. 20%
B. 30%
C. 40%
D. 50%
E. 60%

Pembahasan
Harga beli boneka= Rp 50.000
Harga jual = Rp 80.000
Laba = [ (jual-beli) / beli ] x 100%
Laba = [ 30.000 / 50.000 ] x 100% = 60%
Jawaban: E

Nomor 6
Jarak antara kota X-Y adalah 360 km. Jika ditempuh dengan motor dengan kecepatan 90 km/jam, maka berapa lama perjalanan ditempuh?
A. 200 menit
B. 230 menit
C. 240 menit
D. 250 menit
E. 300 menit

Pembahasan
Jarak kota X-Y = 360 km
Kecepatan = 90 km/jam
Waktu = jarak/kecepatan = 360/90 = 4 jam
4 jam = 4 x 60 menit = 240 menit
Jawaban: C

Nomor 7
Pak RT mendapatkan sumbangan 8 karung beras yang beratnya masing masing sebesar 50 kg. Beras itu akan dibagikan kepada 20 warga. Maka, tiap warga akan mendapatkan beras sebanyak….
A. 20 kg
B. 24 kg
C. 36 kg
D. 40 kg
E. 60 kg

Pembahasan
Jumlah karung beras = 8 kg
Berat tiap karung = 50 kg
Total warga = 20 orang
Total beras = 8 x 50 kg = 400 kg
Beras yang diterima tiap warga ialah = 400 kg / 20 = 20 kg
Jawaban: A

Nomor 9
Nana memiliki uang sebesar Rp 30.000. Uang itu dibelikan ikan sebesar Rp 12.000, sayuran Rp 5.000 dan minyak goreng Rp 4.000, maka sisa uang Nana ialah…
A. Rp 6.000
B. Rp 7.000
C. Rp 8.000
D. Rp 9.000
E. Rp 10.000

Pembahasan
Sisa uang Nana = Rp 30.000 – Rp 12.000 – Rp 5.000 – Rp 4.000 = Rp 9.000
Jawaban: D

Nomor 10
Jika sebuah kertas memiliki ukuran 12 cm dan 15 cm lalu diletakkan ke sebuah karton. Bagian atas, kanan, dan kiri kerta masih tersisa bagian karton selebar 2 cm, jika kertas dan karton sebangun, maka luas karton adalah…..
A. 16 cm
B. 20 cm
C. 25 cm
D. 30 cm
E. 40 cm

Pembahasan
Lebar kertas = 12 cm
Lebar karton = 12 + ( 2+ 2 ) = 16 cm
Panjang kertas = 15 cm
Panjang karton = x

Sebab kertas dan karton sebangun, maka:
12 : 16 = 15 : x
12x = 16 . 15
x = 20 cm
Jawaban: B

Tes Psikotes yang sering keluar saat tes psikotes di perusahaan ternama, Semoga dengan contoh soal Psikotes dan Jabawan yang ada diatas tersebut bisa menjadi bermanfaat buat kamu semua yang ingin berselancar mengetahui contoh soal psikotes dan jawabanya tersebut, karena hal ini bisa mempengaruhi karir anda di perusahaan yang anda lamar, karena semua perusahan pastinya akan mencantumkan soal yang ada diatas tersebut, kalau anda belajar semua maka anda akan bisa menjawab apa yang di sampaikan saat melakukan interview lisan atau tulisan.

Itulah ulasan kami mengenai Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya Terbaru semoga dapat bermanfaat untuk kamu.
Jeparanetwork

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel